Jumat, 27 November 2015

Tak hanya amnesia, ini 5 bias memori yang wajib diketahui !!!



     Sobat Togel - Ingatan manusia adalah sesuatu yang luar biasa, karena menyimpan kenangan dari masa ke masa dalam kehidupan manusia. Ingatan kita mampu menyimpan ribuan kata, berbagai detail kecil dari pengalaman, termasuk juga mengenali banyak wajah. Meskipun begitu ingatan bukanlah hal sempurna yang tak memiliki cela.

     Ada satu titik di mana otak manusia melakukan kesalahan dalam mengingat sesuatu dan menyimpannya menjadi sesuatu yang berbeda. Kadang-kadang seseorang lupa, atau bahkan benar-benar salah dalam mengingat, dengan menganggap sesuatu sebagai imajinasi padahal hal tersebut pada kenyataannya ada.

Ketidaksempurnaan memori ini disebut dengan bias memori. Kondisi ini terjadi dalam beberapa bentuk dan berbagai tingkat keparahan. Berikut ini merupakan lima bias memori yang terjadi pada manusia.


      Kamu mungkin pernah mendengar tentang memori palsu,yaitu kondisi di mana sesuatu yang seseorang percayai sebagai sesuatu yang mereka ingat padahal hal tersebut tidak pernah terjadi. Ternyata, otak kita juga mampu melakukan hal yang sebaliknya. Kondisi ini disebut dengan kriptomnesia, di mana otak kita salah mengartikan sebuah ingatan nyata sebagai sebuah imajinasi.
Bias memori ini bahkan dikaitkan dengan plagiarisme, karena otak kita benar-benar percaya bahwa sebuah ide benar-benar berasal dari dirinya. Padahal kenyataannya, dia telah melihat hal tersebut di suatu tempat yang lain. Otak tidak akan mengingat pernah melihat hal tersebut, karena otak telah menyimpannya sebagai sebuah ide.

     Sebuah penelitian telah dilakukan untuk kriptomnesia dan para peneliti terkejut dengan hasilnya. Penelitian yang dilakukan oleh para psikolog dari University of Georgia menemukan orang-orang yang melakukan plagiasi secara tidak sadar ternyata disebabkan oleh kriptomnesia.



Tak hanya amnesia, ini 5 bias memori yang wajib diketahui


      Kamu pasti tidak asing mendengar kata nostalgia. Tetapi ada fenomena psikologis yang menyebabkan seseorang mengingat peristiwa masa lalu lebih positif daripada penilaian langsung setelah peristiwa itu terjadi. Rosy Retrospection atau retrospeksi rosy adalah sebutan yang diberikan untuk kondisi tersebut.Istilah ini mengacu pada temuan pada subyek penelitian yang cenderung membesar-besarkan peristiwa masa lalu secara positif dan mengurangi pandangan negatif.
      Para peneliti mengatakan bahwa gangguan kecil atau keluhan memudar dalam ingatan seseorang dari waktu ke waktu. Tak hanya itu orang-orang yang mengalami rosy retrospection juga melewatkan hal-hal positif dari peristiwa positif yang baru saja terjadi. Tetapi mereka justru memandang positif peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di masa lalu.



Tak hanya amnesia, ini 5 bias memori yang wajib diketahui


         Google effect mengacu pada kondisi seseorang yang cenderung melupakan informasi yang dapat dengan mudah ditemukan secara online. Berdasarkan empat percobaan yang berbeda, para peneliti melibatkan peserta penelitian yang memiliki tingkat rendah untuk mengakses informasi dan diminta untuk mengingat tempat mengakses berita tersebut.
         Menurut penelitian, internet adalah bentuk utama dari memori eksternal atau transaktif, di mana informasi disimpan secara kolektif di luar diri seseorang. Sebuah contoh yang sesuai untuk menjelaskan gangguan ingatan ini adalah ingatan terkait dengan nomor telepon.
         Dulu ketika orang hanya bisa melakukan komunikasi jarak jauh hanya dengan telepon, kita membutuhkan nomor telepon orang lain tersebut untuk dapat menghubunginya.Tak jarang, kita akan menghapal nomor telepon yang sering kita hubungi. Saat ini dengan adanya kecanggihan ilmu pengetahuan kita sudah tidak perlu menghapal nomor-nomor itu lagi. Dan, lambat laun memori nomor-nomor tersebut tidak ada dalam memori kita.

Tak hanya amnesia, ini 5 bias memori yang wajib diketahui


       Ini adalah gangguan ingatan yang memberikan kontribusi besar untuk pembentukan stereotip dan daya tahan. Korelasi ilusi adalah fenomena di mana otak memahami hubungan antara dua variabel (orang, peristiwa, atau perilaku) ketika pada kenyataannya, tidak ada hubungan seperti itu.
Orang yang mengalami gangguan ini cenderung melebih-lebihkan hubungan antara dua kelompok ketika mereka berhadapan dengan informasi yang tidak biasa atau khas. Inilah yang menyebabkan adanya korelasi retrospektif antara perilaku dan kelompok.
      Fenomena ini tidak hanya terjadi dalam kaitannya dengan prasangka atau stereotip antara manusia, tetapi berlaku pada situasi yang lain juga. Sebagai contoh, jika seseorang memiliki pengalaman tidak menyenangkan dengan anjing jenis tertentu, mereka mungkin saja membentuk hubungan antara yang berkembang biak dan bahaya, bahkan ketika hubungan tersebut tidak benar-benar ada.



Tak hanya amnesia, ini 5 bias memori yang wajib diketahui


      Reminiscence bump merupakan gangguan ingatan yang mengacu pada kecenderungan orang dewasa (biasanya pada usia tua) untuk memiliki ingatan yang lebih baik tentang peristiwa yang terjadi selama masa remaja dan masa dewasa awal. Para peneliti telah secara konsisten mengamati reminiscence bump dan menduga penyebabnya karena memori otobiografi tidak konsisten karena waktu.
     Penyimpanan memori sebenarnya terus meningkatkan dan mengalami perubahan selama masa perubahan identitas. Kondisi ini seringkali melibatkan ingatan pada masa muda dan masa dewasa awal.



Masih mau tips tentang sakit kepala? Yuk Lanjut.


Sakit kepala adalah rasa sakit yang muncul di bagian sekitar kepala. Sebagian besar sakit kepala yang terjadi tidak serius dan bisa diatasi dengan mudah, seperti dengan meminum obat pereda sakit, minum air putih yang cukup dan lebih banyak istirahat.

Tapi ada beberapa jenis sakit kepala yang memerlukan penanganan lebih karena berkelanjutan atau bahkan ada yang bisa membahayakan nyawa.

Sakit kepala tidak memiliki jangka waktu tertentu, bisa berlangsung kurang dari satu jam atau bahkan selama beberapa hari dan bisa muncul secara tiba-tiba atau perlahan-lahan.

Dilansir alodokter.com penyebab sakit kepala bisa diakibatkan oleh berbagai hal, namun secara umum sakit kepala bisa dikelompokkan berdasarkan penyebabnya, yaitu sakit kepala yang tidak terkait dengan penyakit lain atau disebut dengan sakit kepala primer dan sakit kepala yang diakibatkan oleh penyakit lain atau disebut juga sakit kepala sekunder.



Redakan Sakit Kepala Dengan Cara Ini…

Organ tubuh yang kita miliki, jika kita tahu cara memanfaatkannya, organ tubuh tersebut bisa menjadi alat untuk mendapatkan kesembuhan saat kita sakit.

Sebagaimana yang kita ketahui, ada titik refleksi syaraf dalam tubuh kita yang apabila ditekan atau di pijat dapat memperbaiki fungsi organ tubuh yang bermasalah.

Dikutip dari seputaredukasi.com terapi pijat titik refleksi mungkin Anda udah sering dengar, namun kali ini ada cara penyembuhan dengan memanfaatkan fungsi dua lubang hidung yang kita miliki.

Sejatinya semua pasti memiliki hidung berlubang disebelah kiri dan disebelah kanan, apakah fungsinya sama? Sebenarnya fungsinya tidak sama dan dapat kita rasakan bedanya, sebelah kanan berfungsi“mengeluarkan panas” dan sebelah kiri berfungsi “mengeluarkan dingin”.


  • * Jika anda sering menderita sakit kepala, cobalah terapi dengan menutup lubang hidung sebelah kanan lalu bernafaslah memalui hidung sebelah kiri. Lakukan hal tersebut selama 5 menit. Sakit kepala akan hilang dan sembuh. Kalau masih sakit lakukan sacara berulang.
  • * Jika Anda sering merasa kelelahan lakukan sebaliknya. Tutup lubang hidung sebelah kiri dan bernafaslah melalui hidung sebelah kanan. Tak lama kemudian, Anda akan merasakan segar kembali. Apakah Anda ada memperhatikan pada saat bangun, lubang hidung sebelah mana yang bernafas lebih cepat? Sebelah kiri atau kanan ? Jika lubang hidung sebelah kiri bernafas lebih cepat, Anda akan merasa sangat lelah. Tutuplah lubang hidung sebelah kiri dan gunakan lubang hidung sebelah kanan untuk bernafas, Anda akan merasa segar kembali dengan cepat.

Selain hal diatas tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah sakit kepala, seperti istirahat yang cukup dan mengelola stres dengan baik. Senoga lekas sembuh ya ! (Mt <3 SaL)
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar