Senin, 14 Maret 2016

Dukun Malaysia Disebut Bisa Kirim "Santet" Melalui Facebook

Dukun Malaysia Disebut Bisa Kirim Santet Melalui Facebook

Pejabat Kementerian Cyber Security Malaysia memperingatkan warga Malaysia untuk hati-hati mengunggah foto di media sosial, termasuk Facebook. Sebab, dukun atau “bomoh” di negara itu bisa menggunakan Facebook untuk saranablack magic (sihir hitam) yang biasa dikenal sebagai “santet”.

Peringatan itu disampaikan pejabat komunikasi di kementerian tersebut, Jazannul Azriq Aripin. Menurutnya, sudah ada kasus di mana bomoh mengambil foto korban dari halaman media sosial untuk ritual sihir hitam.

”Jangan heran jika 'bomoh' sendiri semakin pintar dan mereka mungkin telah menginstal broadband nirkabel untuk meluncurkan sihir hitam mereka,” katanya, seperti dikutip dari Cnet.

“Jadi, hindarilah meng-upload gambar diri sendiri untuk menghindari ancaman sihir hitam,” lanjut Aripin.

Di masa lalu, sekitar abad 17, orang-orang di Malaysia menganggap bomoh sebagai tokoh penyembuh penyakit yang manjur. Tapi, dalam beberapa dekade terakhir, masyarakat Malaysia telah curiga dan menuduh para bomoh menggunakan sihir hitam.

Beberapa tahun yang lalu, seorang bomoh bernama Dato Mahaguru Ibrahim Mat Zin menjadi berita utama ketika ia menggunakan peralatan seperti teropong bambu dalam upaya untuk membantu menemukan para penumpang dari pesawat Malaysia Airlines MH370 yang lenyap misterius. Namun, sampai saat ini upaya itu tidak berhasil.

Departemen Cyber Security adalah lembaga yang diluncurkan pada tahun 2007.Seperti namanya, departemen itu bertujuan untuk mengatasi isu keamanan cyber.

0 komentar:

Posting Komentar